Tips

Percantik Ruangan Anda Dengan Tanaman Indoor

tanaman indoor - dekorku.com

Ruangan dapat dipercantik dan terlihat manis dengan menempatkan ornamen-ornamen penghias ruangan, salah satunya dengan menempatkan tanaman indoor atau tanaman yang berfungsi sebagai desain interior. Dengan menempatkan warna hijau pada ruangan, ruangan akan terasa lebih hidup dan lebih sejuk, sehingga menimbulkan kesan yang sejuk. Tanaman indoor ini biasa diletakkan di ruang tamu, ruang perkantoran ataupun lobi-lobi hotel maupun pusat-pusat perbelanjaan.

Dengan adanya warna hijau daun dapat memanjakan mata orang yang melihatnya, karena warna hijau cenderung warna yang rileks dan menjadikan ruangan lebih hidup. Tanaman indoor biasanya adalah tanaman yang dapat hidup dengan cahaya matahari yang terbatas. Selain sebai penghias ruangan tanaman indoor dapat juga sebagai sumber udara segar di siang hari.

Memilih tanaman untuk mempercantik ruangan tentu saja ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi bukan asal saja, beberapa kriteria ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk pemilihan tanaman yang nantinya dapat kita gunakan tanaman apa saja dan seperti apa yang cocok digunakan sebagai penghias ruangan:

  1. Tanaman harus disesuaikan dengan ruangan, misal ruangan kecil kita ambil tanaman yang kecil pula. Begitu juga apabila ruangan kita berplafon rendah, kita dapat menggunakan tanaman yang rendah pula
  2. Jika tanaman ditempatkan dalam ruangan be AC, maka kita dapat memilih tanaman yang tahan terhadap suhu AC.
  3. Jika tanaman nantinya difungsikan sebagai dekorasi, pilihlah tanaman yang unik misal yang berdaun atau berbunga unik tentunya
  4. Pilih tanaman yang dalam hal perawatannya mudah
  5. Jika digunakan sebagai pembatas ruangan pilihlah tanaman yang berdaun lebat

Berikut beberapa referensi tanaman yang dapat anda tanam didalam ruangan:

  1. Bunga crysan
  2. Bambu jepang
  3. Bunga lily
  4. Anggrek bulan
  5. Nolina
  6. Pachira
  7. Palm kuning
  8. Sirih gading

Berikut adalah tips untuk merawat tanaman hias indoor agar ruangan anda semakin cantik dan sedap dipandang:

  • Penyiraman – Lakukan penyiraman secara teratur agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Usahan jangan terlalu banyak dalam penyiraman karena tanaman tidak akan tumbuh dengan baik jika airnya sering tergenang.
  • Pemilihan jenis tananman – Pilihlah tanaman yang bagus menurut anda terutama yang berbunga indah
  • Pencahayaan – Usahakan pilih tanaman yang dapat hidup dengan cahaya minim, karena nantinya tanaman tersebut anda letakkan diruangan yang pencahayaanya sedikit kurang
  • Kesuburan – Anda dapat menguunakan pupuk untuk menjaga kesuburan dari media tanam yang anda gunakan
  • Lakukan pemangkasan – Pemangkasan dapat anda lakukan secara rutin sehingga tanaman atau bunga dapt tumbuh dengan indah dan sedap dipandang.
  • Pengaturan – Agar diperoleh hasil yang indah dari tanaman hias, anda dapat melakukan pengaturan letaknya. Usahakan jangan terlalu berdempetan yang nantinya dapat mengurangi nilai estetika dari tanaman hias tersebut. Jangan meletakkan tanaman yang rendah dibelakang tanaman yang lebih tinggi.

Nah sekarang anda sudah tahu caranya, saatnya untuk mempraktekannya.

Beri Rating